Menjalankan PC/Laptop/Notebook tanpa Harddisk

Bagi kita pengguna Windows, menjalankan komputer tanpa harddisk (selanjutnya disingkat HDD) kedengaran lucu ata bahkan sebagian orang menganggapnya mustahil. Padahal tidak demikian, kita menjalankan windows yg tersimpan dlm HDD dan HDD adalah penyimpan (storage) saja, logikanya seharusnya semua storage bisa menjalankan windows bukan? Misalnya CD/DVD, FD (flash disk), HDD eksternal. Kali ini saya tidak membahas bagaimana menjalankan windows (yg sebagian besar kita menggunakannya termasuk sy), tanpa HDD, melainkan menjalankan komputer tanpa HDD atau lebih tepatnya menjalankan sistem operasi (OS) tanpa HDD.

Sy hanya mau berbagi cerita saja ketika awal2 mulai belajar menggunakan linux (belajar dari majalah, belajar sm orang kadang sulit apalagi kalau ga dibayar). Kebetulan PC sy waktu itu sering "sakit" entah mengapa, Kadang berhasil masuk windows kadang tidak. Jd sy mulai mencoba berbagai kemungkinan, mulai dari cabut pasang RAM sampai mencoba OS lain selain Windows yaitu linux (linux SIDUX yg diklaim sebagai linux tercepat di dunia).

Seperti biasa sy booting PC melalui DVD Sidux dan ternyata normal2 saja. Dari situlah sy mengambil kesimpulan (yg belum tentu benar sih hehhe) HDD sy tidak normal lg alias rusak. Sy coba cek HDD sy, ehh sy baru sadar ternyata HDD sy tidak terpasang kabel2nya, sy kaget sekaligus senang. Kaget, lho koq tanpa HDD bisa jalan? Senang, karena dapat ilmu baru, berhasil..berhasil..berhasil.. Akhirnya sy install Sidux yg sedang ON td ke FD, setelah itu sy coba booting dari FD td dan ternyata sama saja, BISA!! Sy bisa menjalankan komputer cuma pake FD.

Kasimpulan: jika Anda mau mencoba menjalankan komputer tanpa HDD cobalah cara berikut:
  1. Jalankan melalui live CD/DVD Linux. Karena OS nya ada dalam CD/DVD berarti Anda bisa menjalankannya tanpa HDD bkan? Sebagian besar distro Linux gratis, Anda bisa mengunjungi komunitas linux di internet dan meminta dikirimkan live CD nya, gratis hanya mungkin mengganti ongkos kirim saja. Jika Anda punya koneksi kecepatan tinggi download sj ISO nya dari internet kemudian burn. Cari di http://distrowatch.com/ Pilih saja sesuai selera

    Menjalankan PC/Laptop/Notebook tanpa Harddisk

  2. Jalankan melalui Flash Disk. Jika Anda telah memiliki distro Linux install saja ke Flash Disk. Untuk distro tertentu kita bisa menginstallnya langsung ke dalam FD. Sedangkan yg tidak bisa langsung, kita gunakan UNetbootin. Keuntungan menjalankan Linux dari FD yaitu lebih cepat dibanding CD/DVD.
  3. Menjalankan PC/Laptop/Notebook tanpa Harddisk

Semoga bisa menambah wawasan kita semua. Selamat mencoba!!!
Sumber : www.indowebster.web.id

Apa ini yang anda cari ?

3 comments:

Zulfikar mengatakan... [Reply]

weh... sama nih dengan pengalaman ane. ane pake ubuntu, kadang pake slax juga kdang2. soalnya harga hdd mahal banget. hee

marcell mengatakan... [Reply]

hem, menarik, gimana caranya ya gan,
HD eksternal sebagai system windows pengganti hd internal yang di lock.
apakah mungkin?

Unknown mengatakan... [Reply]

saya ad problem mengenai komputer sy, sy baru sj merakit komputer tapi saya cm punya HDD ekst
ernal, pertanyaan sy, apa bs komputer sy beroperasi hanya dengan HDD eksternal tanpa HDD internal?

Tinggalkan Komentar Anda di Bawah ini!!!

Kalau ada Artikelnya yang kurang jelas, tuliskan komentar anda dibawah ini!!! Tapi yang sopan yah demi menjaga kenyamanan bersama, Anda Sopan Kami Segan!!! untuk komentar SPAM akan saya hapus!!!

 

© 2010 Klopototolia TJ. Powered By : Blogger

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free